Premis utama virtual reality adalah memberikan sensasi sedang berada di sebuah realita baru kepada penggunanya. Namun bagaimana sensasinya bisa maksimal apabila apa yang tampak di mata masih kelihatan pixelated dan sudut pandangnya sempit? Dua permasalahan umum VR inilah yang menjadi acuan utama pabrikan asal Tiongkok bernama Pimax dalam merancang VR headset-nya.

Tidak tanggung-tanggung, Pimax menanamkan sepasang layar 4K ke dalam headset-nya, memberikan total resolusi 8K yang pastinya akan terlihat sangat tajam. Tidak hanya itu, penggunaan dua layar sekaligus juga mampu menyajikan sudut pandang yang lebih luas dari mayoritas VR headset lain, tepatnya seluas 200 derajat, atau sangat mendekati sudut pandang mata manusia sebenarnya di angka 220 derajat.

Yang membuat Pimax lebih menarik adalah integrasi sistem tracking Lighthouse besutan Valve. Dengan begitu, Pimax sejatinya bisa disebut sebagai HTC Vive versi 8K, dan pengembangnya memang menjanjikan kompatibilitas dengan platform SteamVR.

Pimax 8K VR Headset

Namun yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, seheboh apa spesifikasi minimum PC yang dibutuhkan untuk bisa menenagai display 8K ini? Pimax bilang kalau GeForce GTX 1070 saja sebenarnya sudah cukup, sebab mereka turut menerapkan teknik khusus bernama Brainwarp.

Dengan Brainwarp, Pimax sebenarnya hanya akan me-render gambar 4K untuk salah satu display-nya saja setiap kali, tapi sebanyak 150/180 kali setiap detiknya. Berkat refresh rate 150/180 Hz dan frame rate yang tinggi, apa yang tersaji kepada pengguna bakal terlihat seperti dalam resolusi 8K.

Menurut pengembangnya, Pimax juga mengadopsi desain modular, sehingga pengguna dapat memasangkan berbagai aksesori untuk menambah fungsionalitasnya. Sejumlah fungsionalitas ekstra yang sudah direncanakan meliputi inside-out tracking, eye tracking maupun konektivitas wireless.

Pimax rencananya bakal dipasarkan melalui Kickstarter dalam waktu dekat, namun harganya masih belum dirincikan. Selain versi 8K, akan hadir pula versi lain yang mengemas sepasang panel OLED beresolusi 2560 x 1440 alias 5K.

Sumber: Road to VR.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.